Rabu, 04 Februari 2015

Inilah Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Yang Perlu Diperhatikan

Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan .- Hal yang sering orang perhatikan dalam kesehariannya ialah kurang memperhatikannya kesehatan pencernaan yang mana banyak orang mengkonsumsi makan-makanan yang bisa merusak organ pada sistem pencernaan secara tidak sadar.

Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan

Hal inilah menjadikan banyak orang mempunyai masalah pada pencernaan seperti maag,infeksi lambung,luka pada lambung,radang usus,atau bahkan kanker usus sekalipun.Untuk itu sangat penting bagi kita memperhatikan kesehatan pencernaan.Nah kali ini saya akan memberikan beberapa tips menjaga kesehatan pencernaan silahkan disimak.

1. Hindari minuman beralkohol. Mengkonsumsi minuman beralkohol memang memilki dampak yang sangat buruk untuk kesehatan,selain itu efek langsung yang bisa anda rasakan saat mengkonsumsi alkohol adalah dapat menimbulkan rasa mulas, diare, pendarahan gastrointestinal, malnutrisi, dan penurunan berat badan secara tidak alami. Untuk itu hindari minum-minuman beralkohol sekarang juga.
 
2.Hindari rokok.Merokok merupakan penyebab munculnya berbagai macam penyakit berbahaya diantaranya kanker,  jantung dan juga masalah pencernaan seperti  mulas,  tukak lambung , dan juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit Crohn dan batu empedu.

3.Olahraga dengan teratur. Manfaat olahraga sangat banyak sekali untuk kesehatan mulai dari menjaga kesehatan jantung, menguatkan tulang, sampai menjaga kesehatan pencernaan. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa olahraga dengan teratur  dapat membantu seseorang untuk menghindari gejala sindrom iritasi usus, sakit perut, sembelit, diare, kembung dan masalah pencernaan lainnya.
 
4. Hindari makanan berlemak. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak  terutama yang mengandung lemak trans, memiliki  risiko lebih besar untuk mengembangkan polip usus dan kanker kolorektal. Selain mengganggu masalah pencernaan makanan berlemak juga dapat memicu naiknya kadar kolesterol yang menjadi penyebab munculnya banyak penyakit berbahaya.
 
5.Cukupi kebutuhan serat. Untuk mendapatkan pencernaan yang sehat anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat.  Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang memenuhi kebutuhan serat hariannya dapat mengurangi risiko terkena wasir, penyakit divertikular, dan sembelit. Selain itu memenuhi kebutuhan Serat harian juga dapat menormalkan buang air besar sekaligus mengurangi risiko kanker kolorektal.

6. Minum cukup air. Kurangnya mengkonsumsi air merupakan salah satu penyebab utama sembelit. Sembelit menyebabkan ketidak seimbangan dalam bakteri, yang berakibat peradangan pada lapisan usus, dan bahkan dapat menyebabkan penyerapan molekul yang lebih besar , kondisi yang dikenal sebagai permeabilitas usus.

7.Meningkatkan Bakteri Baik. Tidak semua bakteri itu buruk . Ada lebih dari 400 jenis bakteri yang baik dalam sistem pencernaan. Dari jumlah tersebut, bakteri Lactobacillus acidophillus dan Bifidobacterium bifidum dianggap sebagai bakteri baik  atau " probiotik " karena jenis bakteri tersebut dapat membantu menjaga kesehatan usus. Beberapa makanan yang mengandung bakteri baik diantaranya adalah yogurt.

8.Mengkonsumsi cukup protein. Protein dapat diperoleh dari dua sumber utama yaitu protein hewani (daging sapi, ayam dan ikan) dan protein nabati (kedelai, sayur  dan jenis kacang-kacangan ). Memenuhi kebutuhan protein dengan  cukup dan tidak berlebihan juga dapat menjaga kesehatan pencernaan anda,  terutama protein dari jenis tumbuh-tumbuhan atau yang dikenal dengan protein nabati.

9.Hindari stres. Mengontrol emosional merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan anda secara keseluruhan. Stres dapat mempengaruhi cara kerja sistem pencernaan anda. Hal tersebut juga tergantung pada bagaimana tubuh seseorang tersebut bereaksi, stres juga dapat menyebabkan saluran makanan melalui sistem pencernaan menjadi lebih cepat atau melambat, yang berakibat pada munculnya beberapa gangguan pencernaan seperti sakit perut atau diare.

10.Menjaga kestabilan berat badan. Penelitian telah menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki kelebihan berat badan memiliki risiko lebih besar menderita penyakit gastroesophageal reflux ( GERD ) atau yang lebih dikenal dengan " refluks asam ". bukan hanya itu orang yang memiliki kelebihan berat badan juga dapat menigkatkan risiko beberapa penyakit seperti kanker pankreas , batu empedu , kanker usus, dan sirosis atau kanker hati.

Itulah beberapa poin serta tips menjaga kesehatan pencernaan yang bisa anda lakukan sehingga anda tidak akan mendapatkan masalah pada pencernaan.Dan mari mulai dari sekarang kita jaga kesehatan pencernaan kita sehingga dampak buruk serta gangguan pada pencernaan kita bisa dihindari dan jauh-jauh pergi dari tubub kita.Terima kasih banyak atas kunjungannya semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan ada sampai jumpa.

Baca Juga Artikel : Obat Kanker Usus Alami


EmoticonEmoticon