Rabu, 04 Maret 2015

Tips Menjaga Kesehatan Usus Dengan Mudah

Tips Menjaga Kesehatan Usus Dengan Mudah .- Usus merupakan salah satu organ dari sistem pencernaan kita yang mana organ ini sangat rentan terkenan berbagai macam penyakit seperti kanker usus,tumor usus,luka pada usus dan lain sebagainya.Hal ini dikarenakan setiap hari dilewati oleh makanan bisa berpotensi menyebabkan penyakit. Terutama jika makanan yang Anda konsumsi mengandung minyak, lemak, dan zat pengawet lainnya yang dapat menyebabkan munculnya berbagai gangguan dan penyakit.

Tips Menjaga Kesehatan Usus Dengan Mudah
Ilustrasi Usus
Nah untuk itu sangat penting bagi kita menjaga dan memelihara kesehatan usus sehingga usus kita selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam gangguan dan penyakit.Dan kali ini tipssehatalamiblog.blogspot.com akan memberikan informasi seputar Tips Menjaga Kesehatan Usus Dengan Mudah seperti apa tips tersebut silahkan disimak kawan.

1.Makan dengan porsi kecil namun sering

Tindakan mengonsumsi makanan secara langsung dengan jumlah yang besar bisa membuat usus bekerja dengan keras. Akibatnya kinerja usus pun bisa terganggu. Sehingga sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan porsi kecil dan ulangi jika Anda masih terasa lapar. Serta jangan lupa untuk selalu minum air agar sirkulasi makanan Anda lancar.

2.Konsumsi makanan segar

Makanan segar yang rendah zat pengawet berperan besar dalam menjaga kesehatan usus. Oleh karenanya pastikan bahwa menu makanan Anda didominasi oleh makanan segar yang tinggi akan serat.

3.Konsumsi makanan berbakteri probiotik

Bakteri probiotik bermanfaat untuk meningkatkan produksi bakteri baik di dalam usus. Bakteri ini sendiri bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus Anda.

4.Kurangi gula

Gula meningkatkan produksi asam di lambung serta mendorong empedu untuk bekerja lebih keras. Di samping itu, gula juga mampu meningkatkan pertumbuhan bakteri jahat di dalam usus. Oleh karena itu kurangi konsumsi gula Anda.

5.Kurangi stres

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Gut, dikatakan bahwa stres bisa mempengaruhi kesehatan pencernaan Anda khususnya usus. Para peneliti berpendapat bahwa stres bisa membuat usus meradang yang akan mengganggu sistem saraf parasimpatis yaitu sistem yang berfungsi untuk mengontrol gerakan usus.

6.Istirahat cukup

Istirahat cukup dengan waktu tidur 8 jam setiap hari bermanfaat untuk mengatur hormon dalam usus yang berfungsi mengontrol rasa lapar dan kenyang serta meningkatkan sistem kekebalan usus.

Nah hal yang paling penting dari beberapa hal diatas untuk menjaga usus anda tetap sehat ialah dengan anda menjauhi berbagai macam jenis makanan jahat serta rokok. Sebab makanan tersebut hanya mengandung zat beracun yang bisa mengotori usus Anda.

Demikianlah sekilas tentang Tips Menjaga Kesehatan Usus Dengan Mudah ini semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda,terima kasih banyak atas kunjungannya dan sampai jumpa.

Baca Juga Artikel : 


EmoticonEmoticon