Selasa, 07 Oktober 2014

Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Secara Alami

Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Secara Alami .- Masalah atau gangguan pada sistem pencernaa merupakan salah satu hal yang banyak dialami oleh masyarakat kita terutama yang hidup diperkotaan,gaya hidup dan makan yang tidak sehat merupakan faktor penyebab utamanya.Banyak orang yang beranggapan bahwa gangguan pada sistem pencernaan merupakan hal yang biasa sehingga tidak jarang orang mengabaikannya.Gangguan pencernaan seperti susah buang air besar, sembelit, dan juga diare kadang masih dianggap sebagi panyakit yang tidak membahayakan. Namun, perlu kita ketahui bahwa jika masalah pencernaan tersebut tidak segera diatasi lama kelamaan bisa mengakibatkan gangguan kesehatan yang cukup serius  dan menyebabkan munculnya penyakit berbahaya seperti kanker usus. 

Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Secara Alami

Untuk itu sangat penting bagi kita mengetahui kesehatan sistem pencernaan kita,dan kali ini admin akan memberikan informasi seputar tips menjaga kesehatan pencernaan secara alami yakni berupa :

1. Minum cukup air putih setiap hari

Air bersih memang sangatlah penting untuk pencernaan kita, akan tetapi sekarang ini banyak sekali air yang sudah tercemar oleh desinfektan dan klorin. Meskipun klorin bisa mensterilkan air pada saat dikonsumsi dan bisa mensterilkan tubuh, namun dengan begitu justru rasio dari mikroba pada usus menjadi tidak seimbang. Sehingga tubuh akan lebih rentan dengan spesies seperti candida dan menyebabkan munculnya masalah pada pencernaan.

Jadi air yang sehat dan baik untuk kita konsumsi yaitu yang berasal langsung dari mata air ataupun yang telah melalui sistem penyaringan. Karena air dari mata air alami mengandung bakteri yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan kita.

2. Mengonsumsi makanan yang mengandung anti-inflamasi

Makanan yang mengandung anti-inflamasi bisa kita dapatkan dari buah alpukat, kelapa, minyak zaitun maupun dari buah dan sayuran. Selain itu cuka apel dan perasan lemon juga bisa membantu dalam mencerna jenis protein yang berat.

3.Makanan yang telah di fermentasi bisa meningkatkan fungsi dari pencernaan

Jadi makanan yang sudah dilakukan fermentasi itu bisa membantu dalam melindungi usus dengan spesies mikroba baik yang terdapat di dalamnya. Makanan seperti kimchi, keju mengandung probiotik yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

4.Menggunakan bumbu masak herbal dalam masakan

Seperti bawang putih, merah, kunyit sebaiknya digunakan sebaik mungkin untuk membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi tumbuhan herbal tersebut bisa merangsang pencernaan untuk bisa bekerja lebih baik lagi. Anda bisa memanfaatkannya sebagai tambahan bumbu masak sehari-hari.

Itulah tips menjaga kesehatan pencernaan secara alami yang dapat admin sampaikan,semoga bermanfaat dan terima kasih banyak atas kunjungannya dan salam sehat.


EmoticonEmoticon